Macam-macam Ektrakurikuler di Sekolah

Macam-macam ekstrakurikuler di sekolah SD SMP SMA. Ekstrakurikuler (ekskul) adalah suatu pembelajaran di luar jam sekolah untuk pengembangan diri atau bakat yang digeluti. Biasanya setiap sekolah akan menetapkan apa saja yang akan diadakan macam macam ekstrakurikuler. Jam jam ekstrakurikuler biasanya dilaksanakan setiap minggu setelah pulang sekolah atau hari libur. Ekstrakurikuler bermanfaat untuk melatih diri siswa siswi untuk mengembangkan bakat yang diminatinya.ini dilaksanakan pada jenjang sd smp sma sederajat.diharapkan dengan adanya ekstrakurikuler siswa menjadi produktif dan berprestasi.
Macam-macam ekstrakurikuler di sekolah SD SMP SMA. Ekstrakurikuler (ekskul) adalah suatu pembelajaran di luar jam sekolah untuk pengembangan diri atau bakat yang digeluti. Biasanya setiap sekolah akan menetapkan apa saja yang akan diadakan macam macam ekstrakurikuler. Jam jam ekstrakurikuler biasanya dilaksanakan setiap minggu setelah pulang sekolah atau hari libur. Ekstrakurikuler bermanfaat untuk melatih diri siswa siswi


Berikut ini adalah macam macam ekstrakurikuler yang ada di sekolah

1.Pramuka 

Peramuka adalah suatu ekstrakurikuler untuk pembelajaran mental dan keperibadian. Biasanya Pramuka terdiri dari 2 regu. Regu perempuan dan regu laki laki. Visi dan misi pramuka adalah menciptakan dan membuat semua anggota menjadi pribadi yang mandiri, baik, santun, pantang menyerah dan disiplin. Pramuka biasanya dilakukan di luar ruangan. Menyatu dengan alam. Yang dilakukan dalam ekstrakurikuler pramuka ini seperti Partai Baris Berbaris (PBB), kerjasama, P3K, Berkemah, Survival di alam, latihan fisik, disiplin. Bagi anda yang berjiwa petualang disarankan memilih ekstrakurikuler pramuka

2.paskibra

Paskibra adalah suatu ekstrakurikuler yang fokus pengembangan disiplin dan gerakan baris berbaris. Biasanya mereka dibutuhkan ketika ada event upacara bendera. Paskibra difungsikan untuk melatih siswa siswi menjadi pandai dalam gerakan baris berbaris. Kedisiplinan di utamakan dalam ekskul ini. Untuk latihan biasanya menggunakan tanah lapang atau lapangan.peserta terbagi menjadi beberapa level. Level junior dan level senior. Senior akan membimbing para junior untuk melakukan apa yang dilakukan kegiatan ekstrakurikuler. Ekskul ini membutuhkan yenaga fisik yang kuat. Jika anda berjiwa patriotisme silahkan pilih ekstrakurikuler paskibra.

3. Taekwondo

Taekwondo adalan seni beladiri asal korea. Taekwondo berarti seni tangan dan kaki. Bertujuan untuk melindungi diri dari ancaman. Taekwondo adalah latihan gerak yang mengandalkan ketangkasan dalam gerakan. Maka dari itu taekwondo adalah pilihan yang cocok bagi anda yang berminat untuk memilih ekstrakurikuler ini untuk bela diri.

4. Karate

Karate adalah seni beladiri dari jepang. Karate di artikan dalam bahasa ialah "tangan kosong". Sama halnya ekstrakurikuler seperti taekwondo. Ini adalah suatu ekskul beladiri. Ketangkasan dan seni gerakan untuk melindungi diri dari bahaya. Ini sangat berguna bagi anda untuk memilih ekskul ini.

5. Pecak silat

Pecak silat adalah seni beladiri tradisional asal indonesia. Sama seperti ekstrakurikuler taekwondo dan karate. Yaitu metode untuk beladiri untuk mempertahankan diri dari bahaya.gerakan beladiri pecak silat khas mengandalkan seni gerakan.

6. English club

English club adalah sebuah ekstrakurikuler yang membahas tentang pelajaran bahasa inggris. Seperti berdialog menggunakan bahasa inggris, menghapal kosa kata, bernyanyi dan beraktifitas menggunakan bahasa inggris. English klub akan berguna bagi anda untuk mengasah bahasa inggris di luar jab belajar.

7. Klub musik

Adalah ekstrakurikuler yang melakukan dan melaksanakan kegiatan bermusik. Kamu akan mengenal berbagaimacam alat musik disini dan cara menggunakanya. Membuat band dan bernyanyi untuk melatih pengembangan diri.

8. Basket

Basket adalah ekstrakurikuler olahraga bola besar yang memasukan bola ke keranjang lawan.ini akan menyehatkan diri anda serta mengasah jeterampilan dan penguasaan bola basket.

9. Putsal

Olahraga bola besar seperti sepak bola tetapi berskala kecil.putsal dijalankan 5 orang tiap regu. Dengan di tendang ke gawang lawan untuk menciptakan gol.

10. Drama

Drama melatih keterampilan diri seperti emosi, mimik wajah, peluang dan berbicara. Dengan adanya drama diri menjadi memiliki wawasan untuk bercerita dan melakukan peran dalam cerita. Biasanya drama ini melakukan menceritakan suatu cerita dengan peran masing masing yang dilakoninya.

11. Rohis

Rohis adalah ekstrakurikuler di sekolah untuk bagi yang beragama muslim. Kegiatanya yaitu mengaji dan belajar agama islam.mengaji dan bersholawat serta mengh.apal Al-quran

Ekstrakurikuler sangat bermanfaat pengembangan diri. Oleh sebab itu ini adalah pendidikan yang di tambahkan selain jam belajar reguler.karena Ekstrakurikuler (ekskul) adalah suatu pembelajaran di luar jam sekolah untuk pengembangan diri atau bakat yang digeluti. Demikian postingan Macam-macam ekstrakurikuler di sekolah SD SMP SMA

No comments for "Macam-macam Ektrakurikuler di Sekolah"