Tentang Penyebab Terjadinya Bencana Banjir

Tentang Penyebab Terjadinya Bencana Banjir -  suatu bencana alam yang dapat menimbulkan kerugian. Kerugiannya seperti korban jiwa, materi, mental dan rusaknya lingkungan. Banjir diakibatkan oleh banyaknya air yang tergenang di area tertentu.
Tentang Penyebab Terjadinya Bencana makalah kliping artikel sd smp sma smk ipa banjir bandang dan tanah longsor rob sampah akibat manusia alami alam apa terjadi curah hujan cara mengatasinya karena faktor berdasarkan utamanya oleh gejala beserta gambar menurut bahasa lengkap disebabkan diakibatkan pdf penyebab sebutkan bencana jelaskan macam contoh

Penyebabnya banjir pun berbagai macam hal. Seperti membuang sampah sembarangan, penyempitan parit, kurangnya area resapan air, banyaknya jalan yang di aspal, padatnya pemukiman, tidak ada sistem drainase, kurangnya lahan hijau serta meningkatnya limbah.

Akibatnya bencana banjir akan datang jika sewaktu musim hujan karena derasnya hujan dan kurangnya area resapan air. Dari bencana banjir banyak aktifitas yanga akan terganggu seperti bekerja, berjualan, berdagang dll. Ini akan mengentikan perputaran ekonomi. Belum lagi jika airnya naik sampai tinggi permukaanya, itu akan menimbulkan kerugian materi yang banyak serta dapat menimbulkan korban jiwa dan menderita berbagai macam penyakit.

Kapan terjadinya banjir? Yaitu ketika hujan dan airnya sangat deras sehingga tidak ada penyerapan dari tanah atau sistem drainase. Berbeda jadinya jika sudah di buatkan sistem drainase yang gunanya meminimalisir bencana banjir.

Cara mencegah banjir yaitu dilarang membuang sampah sembarangan, pengurangan pengecoran dan pengaspalan dengan menggunakan baru rubik berpori, membuat sistem drainase, membangun parit pembuangan air, perbanyak pembebasan lahan, buat lubang biopori, relokasi bangunan padaat penduduk, jaga lingkungan agar nyaman dan asri.

Dimana mana banyak terjadi bencana banjir. Khususnya di kota besar seperti jakarta. Di belahan dunia lain yang memiliki musim hujan juga tidak menutup kemungkinan akan terjadi banjir. 

Intinya, kesadaran masyarakat akan bahaya bencana banjir sangat berperan penting untuk menanggulangi dan meminimalisir sedikit mungkin dari bencana tersebut.

1 comment for "Tentang Penyebab Terjadinya Bencana Banjir"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment