Bingung Memilih Jurusan Sekolah? Berikut Caranya

Bingung Memilih Jurusan Sekolah? Kebanyakan orang akan bingung memilih jurusana apa yang pas untuk dirinya dan masa depan nanti. Kebanyakan masih bimbang dan ragu apakah jurusan yang dipilihnya salah atau tidak. Sebenarnya untuk memilih jurusan itu cukap simple. Tetapi yang membuat sulit adalah pemikiran negatif tentang memilih jurusan tersebut misalnya "Gw bakal sukses ga ya memililih jurusan ini?". Mereka akan bimbang dengan hal tersebut karena pemikiran yang masih ragu.
bingung memilih jurusan sekolah? tips cara memilih jurusan kuliah yang tepat sma sesuai keperibadian s2 bakat perguruan tinggi ipa ips smk cara agar tips perkuliahan referensi ragu rekomendasi passion terbaik industri benar pas bagus ketentuan tingkatan pertimbangan

Nah pada kali ini saya akan memberikan sebuah tips untuk anda yang mungkin berguna untuk memilih jurusan yang pas dan tepat untuk anda. Tapi ingat ya! pada point ini anda harus memikirkan juga tentang hal tersebut.

Tips cara memilih jurusan sekolah

1.Kenali bakat yang ada dalam diri

Anda harus mengenali bakat apa yang ada di dalam diri anda. Apakah anda memiliki keterampilan menggambar, menulis, fashion, keterampilan komputer, menghitung uang, desain, dll. semua itu akan ada pertimbangan sebelum memilih jurusan yang pas. anda harus mencocokan dengan keterampilan anda dengan jurusan yang anda pilih. Jika anda hobi dan sering menggunakan komputer, silahkan pilih jurusan yang berbau komputerisasi seperti Teknik komputer jaringan (TKJ), Rekayasa prangkat lunak (RPL), Desain grafis, Teknik Informasi (Perkuliahan) dll. Jangan sampai anda ketika anda memiliki bakat tesebut malah salah pilih jurusan. ingat ya, untuk memilih jurusan yang pas harus dengan keterampilan yang anda miliki untuk mengasah keterampilah tersebut ketika anda belajar di jurusan yang anda pilih.

2. Minat yang anda ingin jalankan

Jika anda ingin memilih jurusan yang tepat dan pas, anda juga harus memahami Minat anda. Minat anda yang anda lakukan selama ini apa? apakah di dunia komputerisasi? atau akuntansi? atau administrasi? jika anda memiliki sebuah minat  maka anda juga mempertimbankan perihal tersebut untuk memilih jurusan.

3. Keperibadian

Keperibadian seorang akan berbeda beda dari satu dengan yang lainya. tentu, ini akan berdampak juga bagi kehidupan kedepanya seperti apa dalam dunia kerja. Jika anda seorang pemikir pilihlah jurusan yang membutuhkan daya pikir seperti akuntansi, teknisi, IT dengan jurusan yang saling terkait. Itu akan berdampak kepada anda kedepanya ketika menjalani agar tidak salah jurusan.

4.  Berkonsultasi dengan orang yang berpengalaman di bidang tersebut.

Tidak ada salahnya bukan ketika anda sedang bingung lalu berkosultasi ke orang yang sudah menjalani atau berpengalaman? ketika anda berkonsultasi kepada mereka, tentunya akan ada hal yang akan ingintanyakan kepada mereka. mintalah agar mereka menceritakan pengalaman yang mereka jalani apakah jurusan tersebut cocok denganya? ini agar anda memahami betul sebelum memilih jurusan tersebut agar anda tidak sala jurusan.

5. Peluang pada masa depan terhadap jurusan

Peluang di masa depan terhadap jurusan tersebut apakah akan sukses atau tidak? saat ini terdapat banyak jurusan yang di sediakan, dan tentunya ketika mereka lulus akan terdapat persaingan bukan? nah anda harus melihat dan memilih apakah ini akan berpeluang baik bagi anda setelah lulus? jika baik peluangnya maka pilihlah jurusan yang tepat. tapi ingat, jangan melupakan point di atas agar anda bisa mengetahiu potensi yang cocok untuk jurusan yang akan anda pilih.

Jika anda salah jurusan dengan pashion yang berbeda dengan keterampilan anda, maka anda akan bingung dan sulit untuk menjalani karena anda salah jurusan sekolah. Maka dari itu pentingnya anda memahami dari beberapa point di atas guna untuk mengetahui potensi mana yang harus di kembangkan untuk masa depan anda.

No comments for "Bingung Memilih Jurusan Sekolah? Berikut Caranya"